PPPPTK Matematika Kementrian Pendidikan Nasional
pemecahan masalah matematika

PROBLEM SOLVING SD/MI SESUAI STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) DI KELAS I s.d. KELAS VI

Oleh:
Tim Problem Solving SD

Dalam kurikulum pendidikan dikatakan bahwa pendidikan matematika di samping bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif juga dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk menggunakan matematika dalam pemecahan masalah.

Masalah atau problem matematika bukanlah latihan-latihan soal rutin yang biasa diberikan dalam kelas melainkan masalah-masalah non rutin yang belum diketahui prosedur pemecahannya (Lester, 1980; Van De Walle, 1994; Schoenfeld, 1992). Terdapat beberapa tingkatan masalah, yaitu:

  1. masalah yang telah terdapat prosedur pemecahannya dan prosedur tersebut diketahui siswa,
  2. masalah yang telah terdapat prosedur pemecahannya, namun prosedur tersebut belum diketahui siswa, dan
  3. masalah yang sama sekali belum diketahui prosedur pemecahannya dan atau belum diketahui data yang diperlukan untuk mencari solusinya

Yang termasuk dalam kategori masalah non rutin adalah modified translation problems yaitu masalah dengan informasi atau data yang kurang, process problems yaitu masalah yang memerlukan beberapa strategi untuk memecahkannya dan lebih memerlukan kemampuan logika, serta open-ended and project problems yaitu masalah terbuka dengan banyak kemungkinan cara memperoleh jawaban atau banyak kemungkinan jawaban.

Untuk dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah (problem solving) diperlukan keterampilan yang lebih tinggi, yang dapat diperoleh siswa setelah mereka memiliki pemahaman konsep dan keterampilan dasar matematika, serta memiliki keterampilan memecahkan masalah-masalah rutin.

Penggunaan soal problem solving dalam pembelajaran di kelas tentu tidak terlepas dari Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Guru dalam memberikan soal pemecahan masalah hendaknya memperhatikan kompetensi dasar apa yang hendak dicapai dalam pembelajaran saat itu, serta memperhatikan kompetensi-kompetensi dasar apa saja yang telah dikuasai siswa sebelumnya.

Berikut ini diberikan contoh-contoh soal problem solving untuk topik bilangan, geometri, dan pengukuran sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di Sekolah Dasar.

Daftar Pustaka

  • Lester, F. K. (1980). Research on mathematical problem solving. Dalam Richard J. Shumway (Eds), Research in Mathematics Education (pp. 286-323). Reston, VA: NCTM, Inc.
  • Schoenfeld. (1992). Learning to think mathematically: Problem solving, metacognition, and sense making in mathematics. Dalam Grouws, Douglas A (Eds.), Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning (pp. 334-366). New York: Macmillan Publishing Company.
  • van de Walle, J. A. (1994). Elementary school mathematics: Teaching developmentally (2nd ed). New York: Longman Publishing.

5 comments

1 Cecep Ulum Bahtiar { 03.25.10 at 4:36 am }

Saya sangat berterima kasih ada pembahasan ttg problem solving ini, tapi berilah soal-soal pemecahan masalah yang sesuai dengan SK, KD tingkat Sekolah Dasar yang mudah didownload secara mudah dan gratis, agar para guru SD dapat dengan mudah mengaplikasikannya di sekolah masing-masing.

[Reply]

2 jepoweque-tool { 05.17.10 at 9:20 am }

belajar banyak

[Reply]

3 Emily { 06.03.10 at 5:29 am }

belajar banyak

[Reply]

4 restar revolita tambunan { 09.17.10 at 11:05 am }

Saya sangat berterima kasih ada pembahasan ttg problem solving ini, tapi berilah soal-soal pemecahan masalah yang sesuai dengan SK, KD tingkat SMP khususnya luas segitiga dan luas bujur sangkar didownload secara mudah dan gratis, agar para guru SMP dapat dengan mudah mengaplikasikannya di sekolah masing-masing.

[Reply]

5 IRAWAN, S.Pd { 12.06.10 at 8:17 pm }

Trima kasih atas layanan web ini yang memuat tentang matematika menjadi menyenangkan sekaligus mengasikkan. Semoga ini menjadi motivasi bagi saya pribadi untuk menyajikan materi matematika kepada peserta didik saya dengan menyenangkan dan terlebih menemukan bentuk permainan matematika lainnya di jenjang sekolah dasar. terima kasih, Ing Ngarso Sun Tulodo-Ing Madyo Mangun Karso-Tut Wuri Handayani.

[Reply]

Beri komentar

  • Kategori

  • Terbaru

  • RSS FB Groups

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.